A Copy of My Mind: Produk Romansa Persembahan Joko Anwar

Iya, ini film udah lama banget rilisnya. Tapi karena gue baru bisa nonton, jadi ngereview-nya telat juga deh. Gatel pengen nge-review, jadilah post ini. Yuk yuk sejenak dibaca, siapa tau bermanfaat buat yang belum maupun udah nonton. Hehehe. Enjoy!

mind2pic: detikhot

Sari (Tara Basro) seorang terapis facial yang bekerja di sebuah salon kelas menengah di tengah kota, memiliki hobi menonton film dari dvd bajakan dan bermimpi memiliki home theater. Alex (Chicco Jericho) merupakan pembuat subtitle film yang diedarkan pada penjual dvd bajakan. Mereka bertemu tidak sengaja ketika Sari mengeluhkan teks yang tidak nyambung pada toko dvd langganannya. Setelah pertemuan itu, keduanya saling jatuh cinta dan menjalin hubungan. Namun tak lama mereka menghadapi satu persoalan yang dimulai ketika Sari mengambil DVD dari salah satu kliennya yang ia kira film favoritnya. Dan film itu berisi rekaman rapat yang membahas politik gelap para pejabat yang terlibat dalam pemilu presiden.

Ketika mendengar Joko Anwar menyutradarai film ini, mungkin yang bakal tergambar di pikiran kita adalah jalan cerita yang nggak biasa yang jarang bahkan nggak pernah muncul di film Indonesia kebanyakan. In a rush seharian di Janji Joni (2003), berpacu dengan satu pemain di Modus Anomali (2012), atau bahkan yang paling anyar, serial Halfworlds (2015) yang memodifikasi tokoh mistis Indonesia menjadi menggoda namun tetap menakutkan. Biasanya, setau  gue thriller, noir, horror, dan satire yang jadi andalan Joko Anwar dalam ngedirect film. Oke, Janji Joni dan film yang bakal kita bahas ini mungkin jadi pengecualian. Sedikit satire sih sebenernya, A Copy of My Mind merupakan potret jujur tentang realita ibukota dan penghuninya. Ramainya jalanan, angkutan umum penuh sesak, pasar di sudut kota yang penuh dengan pencari rejeki, penghuni rumah susun dengan berbagai kesehariannya, hingga suasana kampanye calon presiden yang terlihat begitu real dan menggambarkan bagaimana “penuhnya” ibukota negara. Kelihatan bahwa Joko Anwar (selanjutnya gue sebut Joko aja ya) mau jujur kalau ada jurang pembatas kelas sosial yang dalam di ibukota ini. Dan kisah Sari dan Alex seakan menjadi gambaran bahwa ada harapan dan kebahagiaan ditengah kelumitnya keadaan sekitar.

Uniknya, ini film berlatar waktu menjelang pemilu Presiden RI yang sebenernya udah lewat dua tahun tapi masih bisa jadi topik pembicaraan. Hehe, agak sensitif ya kalo udah ngomongin politik. Namun setting waktu ini bukan masalah besar karena sepanjang film kisah romansa Sari dan Alex digambarin secara santai dan membuat kita nunggu-nunggu apa yang akan terjadi pada mereka berdua, nggak peduli sama setting waktu yang berlangsung gimana. Tara Basro dan Chicco Jerikho berhasil bikin romansa yang natural, nggak drama kayak romantic lead di film-film drama biasanya. For real, suka banget sama Tara yang pas banget meranin Sari sebagai cewek yang apa adanya dan independen. Plus, masih bisa kelihatan cantik sekalipun didandanin kucel, bikin iri. Dilengkapi dengan Chicco sebagai Alex yang “pas-pasan” dan ga berekspektasi tinggi dalam hidup, dapetin Sari juga udah bahagia.

173716-a-copy-of-my-mind.jpg

Yang jadi poin plus dan bikin film ini menarik selain dari romansanya, A Copy of My Mind mengungkapkan sejujurnya keadaan Jakarta yang nggak hanya dilihat dari sisi metropolitannya aja. Dibalik gedung pencakar langit yang berjajar, ada berbagai jiwa raga yang tercakar sakit nan menjalar. Setidaknya itu yang menjadi konklusi film ini bahwa semua cerita tidak harus berakhir dengan air mata bahagia maupun derai duka, kadang ada yang harus kita relakan untuk melanjutkan kehidupan di hari berikutnya.

RATE:
ON FLEEK (8/10)

Iklan

Satu pemikiran pada “A Copy of My Mind: Produk Romansa Persembahan Joko Anwar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s