Put Your Make Up On! (Beauty Class with MAKEOVER: Natural Make Up Look)

img_20160911_1554051those color are just too eyecatching

Akhir-akhir ini, gue ngerasa kalo make up jadi suatu hal yang penting buat investasi masa depan gue sebagai wanita. Emang sih, kecantikan paripurna itu berasal dari dalam diri kita. Tapi mau sebagus apapun diri kita di dalamnya, orang kan nggak akan lihat dari dalamnya dulu. Penampilan luar adalah satu hal yang menjadi penentu bagaimana orang bakal menilai kita. Salah satu dosen gue pernah bilang, “Kalian semua sudah cantik, tapi nggak ada salahnya kok dipoles sedikit aja. Misalnya pake lipstik atau bedak.”. Dan setelah gue pikir-pikir, bener juga kata beliau. Nggak ada salahnya kan, kalau wajah kita dikasih polesan di berbagai sudut? 

Dulu gue bukan orang yang ngerti make up. Paling banter cuma kenal lipbalm dan pelembab. Tapi seiring berjalannya waktu, bertambahnya usia, dan berubahnya lingkungan pertemanan, mindset gue pun turut berubah. Ditambah teknologi yang makin berkembang dan banyak beauty guru yang meng-upload video review produk make up beserta tutorial gaya make up ke sebuah platform bernama YouTube yang kalau ditonton kayaknya asik banget dan bikin gue tertarik mau praktekin. Dan akhirnya, gue berkata pada diri gue sendiri, “Gue mau mulai pake makeup ah.”. Beneran, diakhiri dengan kata ‘ah’.

Dan setelah beberapa waktu gue menjadi pengguna makeup, gue merasa makeup yang gue apply ke wajah gue sebagai kanvasnya ini belum sempurna. Gue kadang suka bingung, kenapa kalo gue nonton video tutorial beauty vlogger macem Lizzie Parra atau Rachel Goddard (both are my fav beauty guru ever btw) kok kayaknya gampang dan gak butuh perjuangan. Tapi giliran gue, kok kayaknya susaaah banget naujubilah. Dari situ gue sadar, belajar secara virtual memang nggak efektif buat orang yang penuh rasa penasaran seperti gue. Sampai suatu saat gue merasakan kalo gue butuh pembelajaran tentang make up secara langsung. Pas banget gue berada di jaman menjamurnya kelas kecantikan a.k.a bahasa kerennya Beauty Class. Sesuai namanya, ini merupakan sesi kelas make up yang tujuannya nggak lain dan nggak bukan adalah membantu kita untuk mengerti cara make up yang benar. Biasanya, Beauty Class ini diadakan oleh brand make up yang berkolaborasi dengan make up artist (MUA) atau terkadang beauty blogger sebagai tutornya. Kemudian kita dikenakan tarif tertentu (kadang ada yang gratis) untuk ikutan, dengan imbalan selain kita dapat ilmu yang bermanfaat kita juga mendapat goodie bag atau gimmick lainnya, misalnya foto bareng tutornya, voucher belanja, dll.

Gue baru sekali ikutan beauty class, itupun juga bukan bener-bener beauty class karena pesertanya cukup nontonin tutorial dari tutornya tanpa ngikutin prosesnya satu demi satu. Jadi kayak cuma nyatet dan prakteknya sepulang dari acara. Dan kali ini, gue berkesempatan untuk ikutan beauty class beneran pertama kalinya. Beauty class ini diadain sama Omah Belajar dan MAKE OVER, bertempat di KAZE Co-Working Space d Grand Galaxy, Bekasi. Temanya yaitu Natural Make Up Look, yang bisa dipake sehari-hari karena nggak terlalu berat tapi bikin penampilan kita beda. Pas banget buat gue yang nggak suka pake make up tebel-tebel karena sehari-hari cuma ke kampus dan hangout doang.

IMG_20160911_133631[1].jpg

Gue dateng terlambat lantaran tempatnya mayan jauh dari rumah gue, untungnya kelas belum dimulai dan baru perkenalan. Pas dateng, gue disambut oleh salah satu penyelenggaranya namanya Mbak Anita dari Omah Belajar. Anehnya bagi gue, gue disapa dengan sapaan ‘Miss’, bukan ‘Mbak’, ‘Kak’, atau ‘Teh’ (baru inget ini kan di Bekasi bukan Bandung he he). Tapi sepertinya itu bukan masalah besar selama mereka gak panggil gue ‘Nyonya’ atau ‘Ibu. Lanjut, di sana ada 7 peserta termasuk gue yang duduk di meja panjang dan sudah ada tutor make up namanya Miss Kiki dari MAKE OVER, dengan modelnya di depan.

Sesi beauty class pun dimulai. Pertama, kita semua diharuskan menghapus make up yang udah dipake dari rumah karena wajah kita bakal dipakein makeup lagi. Kalo udah, lanjut ke base make up yang paling awal yaitu MAKE OVER Hydration Serum yang berguna buat ngelembapin wajah dan bikin make up lebih tahan lama. Ini rada mirip sama Wardah Hydrating Gel Aloe Vera yang biasa gue pake sih, well mungkin karena Wardah dan MAKE OVER satu produksi ya. Tapi yang ini sedikit lebih encer dibanding si Wardah, dan lebih enteng dipake meskipun harganya lebih mahal.

Selesai pake serum, kita lanjut pake primer. MAKE OVER ngasih kita dua pilihan primer atau Corrective Base Make Up, yaitu warna Hijau (Greenish) dan Ungu (Cyanite). Warna hijau untuk menyamarkan rona merah dan ungu untuk mencerahkan kulit kusam. Disini gue pake yang ungu karena kulit gue kusam banget dan gue butuh pencerahan #apasih. Beres primer, kita lanjut ke foundation atau bahasa nyantainya alas bedak. Miss Kiki bilang, cara nyocokin foundation sama kulit kita yaitu dipakein di leher dulu dan lihat cocok apa nggak. Biar kita nggak salah beli foundation dan pas dipake belang sama leher kayak cabe-cabean. Disini gue pilh foundation shade no. 03 Nude Silk yang cocok sama kulit gue yang kayak langsat kematengan ini. Oiya, tips dari Miss Kiki ketika pake foundation dengan jari yaitu gunakan dengan jari tengah dan jari manis dan jangan terlalu ditekan. Karena kalo pake jari telunjuk itu tekanannya lebih besar dibanding kedua jari barusan, sementara kalo terlalu ditekan malah jadi nggak rata. Pakenya juga dari atas ke bawah, kanan ke kiri, dan sebaliknya pelan pelan sampe rata.

Base udah beres, kita lanjut ke concealer untuk menyamarkan noda-noda tak diharapkan di wajah. Seperti jerawat, bekas jerawat, flek hitam, bekas luka lama yang tak kunjung hilang, dll. Pakenya dengan MAKE OVER Camouflage Cream Face Concealer Palette yang terdiri dari 5 warna:

 

thumb_5106063d3124a_camouflage_cream_concealerpic from makeoverforall.com

1) light, dipakai untuk highlight. 2) beige, rada gelap daripada yang light, untuk menutup noda bekas jerawat supaya warnanya rata dengan warna kulit. 3) light green, untuk menyamakan warna kulit yang kemerahan. 4) light purple, untuk memberi efek cerah pada kulit kusam. dan 5) orange, untuk menyamarkan kulit gelap seperti kantung mata dan bisa dipakai untuk base blush on di tulang pipi. Disini gue pake yang orange dicampur light untuk menutupi area bawah mata yang hitam akibat kebanyakan begadang. Pakenya dengan mencampur dua warna sampai benar-benar ngeblend lalu diaplikasikan tipis-tipis ke area bawah mata.

Tahap selanjutnya shading dan counturing. Well, sebenernya step ini bisa di skip sih kalo kalian males dan nggak punya waktu banyak. Sebab, step ini makan banyak waktu dan ujung-ujungnya bakalan di shading pake contour powder juga. Ya, jadi lebih baik kalian pake contour powder karena lebih keliatan efek shadingnya dibanding pake  yang liquid. Tapi kalo mau lebih ‘cetar’ efeknya, ikutin step ini. Untuk contouring, kita pake foundation yang shadenya gelap yaitu no. 07 Caramel. Pakenya dari ujung cuping telinga dan lurusss ngikutin tulang pipi, sampe mendekati bibir, juga di ratain di sekitar dahi dan tulang hidung. Trus kalo udah, pake camouflage palette warna light di sekitar atas pipi untuk shadingnya, juga di tengah hidung. 

Tahap selanjutnya (masih ada, sabar ya guys, terus disimak :D) yaitu tahap yang sangat krusial dan menentukan keberhasilan make up seorang wanita, ALIS! Yup, bikin alis emang tricky dan butuh konsentrasi tinggi supaya bentuknya bagus dan gak mencong sebelah. Tapi padahal, bentuk alis memang nggak sama kanan dan kiri, jadi ketidaksempurnaan dalam mengukir alis itu wajar, guys. Bahkan MUA professional ada yang bikin alisnya nggak on fleek karena bentuk alisnya itu sendiri . Yang penting dalam bikin alis itu ikutin bentuk alis yang udah ada. Bingkai dulu di bagian atas dan bawah garis alis, lalu arsir deh pake pensil alis. Lagi-lagi jangan ditekan, arsir aja tipis tipis sampai semuanya keisi. 

natural-brows-using-a-pencil_look_928b5f745ffd46999383d6ea62f10c0d_lookpic from preen.me

Nah, bagian yang paling tricky udah beres. Lanjut deh pake bedak untuk mengunci semua base yang udah jadi. Bedaknya yaitu bedak tabur atau Silky Smooth Transluscent Powder. Sesuai namanya, bedak ini warnanya transparan (transluscent = transparan = kaga ada warnanya) jadi gak akan bikin warna muka kita berubah. Selanjutnya, kita apply tuh yang namanya shading untuk mempertegas garis wajah kita dan garis kontur yang tadi kita buat. Pakenya Face Contour Kit yang bentuknya two way cake dengan dua warna, coklat dan light. Yang coklat dipakein di garis yang tadi udah dibikin, yang light dipakein untuk nge-highlight.

Setelah itu, baru deh apply make up mata. Karena judulnya Natural Make Up, kita disini skip bagian eyeshadow karena udah cukup looknya tanpa eyeshadow. Untuk make up mata nggak ada trik khusus sih, biasa aja pake eyeliner, mascara, dan fake eyelashes atau bulu mata palsu. Cuma gue rada ribet sih pas pake bulu mata karena susah banget dan copot mulu. Akhirnya gue nyerah dan Miss Kiki pun turun tangan. Emang mata gue gak bersahabat sama yang palsu-palsu kal ya….. :”) . Selanjutnya, kita pake blush on dari produk Perfect Shade Blush On Palette biar pipi terlihat merona dan segar. Dan terakhir, yang paling gue suka karena paling gampang dan efeknya paling ngena, LIPSTICK! Hahahaa, bagi gue, make up setebel apapun di muka bakal sia-sia kalo warna lipsticknya kurang pas. Makanya, gue paling suka kalo udah milih warna lipstick, dan asal kalian tahu, MAKE OVER nyediain seabrek lipstick dengan warna-warna yang menggoda. Bahkan mereka punya warna hitam gelap yang kalo dipake berasa abis ngegadoin tinta cumi-cumi. Lalu pilihan gue jatuh pada warna nude yang gue campur dengan warna pink (gue lupa shadenya nomer berapa btw).

Akhirnyaaaa, beres! Dan ini hasil akhirnya. (lupa lagi foto beforenya, maklum ya hehe)

 

IMG_20160911_161216[1].jpgsesungguhnya pipi itu terlalu gempal dan contouringnya ketutupan kerudung

 IMG_20160911_155526[1].jpg

 

IMG_20160911_161846[1].jpgbersama Miss Kiki (tengah) 

Kesimpulan setelah gue ikut beauty class ini, make up is fun! Mungkin gue akan ikutan kegiatan sejenis di lain kesempatan, dan berharap agar gue bisa mendalami kemampuan berdandan. Bukan, bukan mau centil. Bukan mau cari perhatian orang lain bahkan lawan jenis. Justru ini adalah salah satu cara gue untuk mengekspresikan diri. Untuk membuat diri gue senang, membuat diri gue puas. Nggak ada salahnya kok, make up setebel dan seaneh apapun yang kalian mau. Kecantikan itu tergantung siapa yang melihat. “Inner beauty is great, but a little mascara wont hurts.”. Kalau udah cantik dari dalam, kenapa nggak sekalian cantik dari luar juga? 🙂

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

